Powered by Blogger.

Besok, Pengumuman Hasil SBMPTN 2014 Bisa Dilihat Online

Suasana Ujian Lokal SBMPTN 2014 di Yogyakarta

Besok, tanggal 16 Juli merupakan pengumuman hasil SBMPTN 2014 dan hasil ujian bisa diakeses seluruh peserta secara online melalui situs resmi, panitia, sbmptn.or.id mulai pukul 17.00 WIB. Selain melalui online, pengumuman dapat juga dilihat di Koran pada Kamis, 17 Juli. Sebagai informasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 telah berlangsung pada tanggal 17 hingga 19 Juni lalu dimana terdapat ujian tulis dan keterampilan. Ujian dilangsungkan pada 44 daerah di seluruh Indonesia secara serentak.

Seperti berita yang dirilis oleh iberita.com, peserta ujian tahun ini, seperti tahun sebelumnya tergolong sangat besar. Ada 664.509 peserta yang terbagi dalam tiga kategori pilihan bidang, sesuai dengan minat mereka, yaitu kelompok saintek (sains dan teknologi, IPA), kelompok soshum (sosial humaniora, IPS), dan kelompok campuran (gabungan saintek dan humaniora).

Ada 86.000 kursi yang diperebutkan dalam ujian SBMPTN tahun ini. Sejumlah kursi tersebut ditampung oleh 63 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang berada di bawah naungan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan) serta Kemenang (Kementerian Agama).

Untuk mendapatkan satu kursi di 63 PTN tersebut, seorang peserta harus lulus ujian yang meliputi Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) berdasarkan bidang yang dipilihnya. Jika ia memilih program Saintek maka TKD-nya adalah bidang Saintek. Demikian pula dengan yang mengambil Soshum. Bagi yang mengambil tes campuran, dengan demikian TKD-nya juga rangkap dua, yaitu TKD Saintek dan Soshum.

Pada pukul 18.00 WIB, 15 Juli 2014 situs sbmptn.or.id belum mencantumkan pengumuman apa pun. Namun tertera peringatan penting bagi calon mahasiswa atau keluarga untuk berhati-hati terhadap penipuan. Pihak panitia SBMPTN 2014 telah menyiapkan call center pada nomor 0804-1-456-456. Selain itu, kita bisa memanfaatkan helpdesk SBMPTN 2014 dengan alamat halo.sbmptn.or.id. Di luar itu tidak ada panitia SBMPTN yang legal atau resmi. Pastikan Anda bersabar untuk mengikuti pengumuman resmi hasil SBMPTN 2014.

Pemerintah memberi tahu calon mahasiswa atau orang tua calon mahasiswa untuk tidak tertipu dengan situs abal-abal yang juga mengusung tema pengumuman hasil SBMPTN 2014. Meski terkadang situs – situs tersebut memang menyajikan fakta yang sama dengan apa yang dimuat di situs resmi, namun diharapkan untuk langsung mengakses website resmi SBMPTN 2014 agar informasi yang didapat dapat dipertanggung jawabkan.

0 Komentar untuk "Besok, Pengumuman Hasil SBMPTN 2014 Bisa Dilihat Online"

Back To Top