Powered by Blogger.

Daftar Kecelakaan Pesawat Terparah dan Terburuk di Dunia

Inilah daftar kecelakaan pesawat terparah dan terburuk di dunia dimana tragedi atau insiden ini menimbulkan korban jiwa yang banyak. Walaupum pesawat Malaysia Airlines MH17 mengalami serangan roket dan menyebabkan seluruh penumpangnya tewas sebanyak 298 orang namun kecelakan ini tidak termasuk terfatal di dunia.

Kecelakaan pesawat kerap terjadi karena banyak hal. Penyebab utama terjadinya kecelakaan pesawat adalah kesalahan manusia atau human error, faktor teknis seperti masalah pada mesin atau sistem navigasi, juga bisa akibat faktor alam. Berikut faktor penyebabnya yang diperoleh dari berbagai sumber.

1. Kondisi Pesawat
Teknologi penerbangan terus berusaha menciptakan pengalaman terbang yang paling aman untuk semua konsumen. Namun, teknologi saja tidak cukup. Dibutuhkan perawatan super ketat agar semua fungsi pesawat terjaga.

Terkait dengan hilangnya Pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines Kompas.com menyebutkan bahwa Pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines yang hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur (Malaysia) menuju Beijing (China) itu ternyata pernah mengalami insiden kecil pada pada tahun 2009. Pada saat itu, ujung sayap pesawat berusia 11 tahun ini patah akibat bertabrakan dengan ekor China Airlines A340. Belum jelas apakah insiden yang terjadi 5 tahun lalu itu berimbas pada kondisi pesawat saat hilang kemarin.

2. Faktor Manusia
Salah satu pakar penerbangan Indonesia mengatakan, faktor utama penyebab kecelakaan dalam penerbangan adalah kelebihan jam terbang pilot. Katanya, jam kerja pilot normalnya adalah 9 jam sehari, 110 jam sebulan, dan 1.050 jam setahun. Nah, kita tunggu saja catatan penerbangan sang pilot yang membawa Pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines tersebut.

3. Faktor Cuaca dan Lingkungan
Faktor lingkungan seperti infrastruktur landasan pacu dan Air Traffic Control—adalah hal yang dapat dibenahi. Terkait hilangnya Pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines sampai tulisan ini diposting belum ada laporan apakah telah terjadi miskomunikasi antara pilot dengan ATC.

Lain halnya dengan faktor cuaca yang sulit ditebak dan dihindari. Karena, menurut pakar penerbangan CNN Richard Quest, pesawat hilang kontak pada posisi yang seharusnya merupakan titik teraman dalam seluruh rangkaian perjalanan. Quest menambahkan, ada 3 tahapan rangkaian penerbangan: taxii di landasan, lepas landas, naik (climb-up), dan “pesiar” (cruise). Menurut Quest, tahap “cruise” merupakan tahap penerbangan yang paling aman. Nah, Pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines hilang di tahap Cruise. Jadi, berarti ada kondisi cuaca yang sangat serius kalau terjadi sesuatu dalam tahap penerbangan cruise.

Salah satu kecelakaan pesawat yang terkenal adalah Korean Air Penerbangan 007 tahun 1983 yang menewaskan 240 penumpang dan 29 awak. Berikut daftar 9 kecelakaan pesawat terbang lainnya yang paling banyak menimbulkan korban tewas dalam sejarah dimana penyebab utama adalah kesalahan pilot dan kegagalan mesin walaupun ada yang terjadi karena serangan roket yang mematikan, seperti yang dirilis oleh inilah.com. Klik gambar di bawah untuk mengetahui penjelasannya.

1 Komentar untuk "Daftar Kecelakaan Pesawat Terparah dan Terburuk di Dunia"

Back To Top