Powered by Blogger.

Hamas Gunakan Taktik Bom Keledai, Serang Tentara Israel

Foto Keledai Membawa Bom Digunakan Pejuang Palestina AFP/GETTY IMAGES

Para pejuang Hamas, Palestina tidak kehabisan akal untuk menyerang tentara Israel dengan menggunakan taktik bom keledai. Pada Jumat malam tanggal 18 Juli 2014, Tentara Pertahanan Israel (IDF) menembak seekor keledai yang dilengkapi bom yang berusaha mendekati perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir di kota Rafah, seperti yang dikabarkan idfblog.com, situs blog resmi milik militer Israel.

Blogger yang tak menyebut identitasnya ini mengatakan seekor keledai secara mencurigakan berjalan mendekati pasukan Israel. Tak ada korban tewas atau cedera saat para prajurit Tentara Pertahanan Israel (IDF) melepaskan tembakan saat keledai itu berjalan menghampiri mereka. Akibat tembakan itulah bahan peledak yang dibawa si keledai meledak.

“Pasukan Israel menembak keledai itu dan hewan tersebut meledak di jarak yang aman. Tak ada korban luka dari pihak IDF,” kata bloger itu. Menurut bloger tersebut, para prajurit merespon informasi dari aparat Badan Keamanan Israel yang mengatakan militan Gaza akan memnggunakan hewan yang membawa bahan peledak dan mengirim mereka ke arah pasukan darat Israel.

Ini bukan kali pertama Hamas menggunakan bom hewan dalam konflik melawan Israel. Pertama kali Hamas menggunakan hewan sebagai “kurir bahan peledak” adalah sekitar 1995. Saat itu, seorang pria Palestina menunggang seekor keledai yang menarik gerobak penuh bahan peledak. Pria Palestina itu kemudian meledakkan diri dan keledainya di posisi IDF di Khan Yunis, Gaza. Selama Intifada kedua, Hamas dan pejuang Palestina lainnya memang menggunakan hewan untuk meneror tentara Israel.

Pada tahun 2001, keledai yang dipasang bom berhasil mendekati tentara IDF di Jalur Gaza bagian selatan dan meledak. Pada tahun 2003, bom keledai juga meledak di jalan raya antara Jerusalem dan Gush Etzion. Tidak ada korban jiwa akibat ledakan tersebut.

Pada tahun 2009, pejuang Palestina berhasil mengirim beberapa kuda yang dipasang bom dan bahan eksplosif untuk mendekati pos perbatasan Karni dan Erez di Jalur Gaza. Kebanyakan binatang yang digunakan Hamas adalah kuda dan keledai serta anjing yang menimbulkan korban jiwa di pihak Israel. Taktik menggunakan hewan memang bukan pertama kali dikenal dalam dunia perang. Amerika Serikat sendiri pernah menggunakan bom merpati dan kelelawar. Sementara Uni Soviet juga pernah melatih anjing yang dilengkapi dengan bom selama Perang Dunia II untuk menyerang tentara NAZI Jerman.

0 Komentar untuk "Hamas Gunakan Taktik Bom Keledai, Serang Tentara Israel"

Back To Top