Powered by Blogger.

Video Wawancara BBC, Prabowo: Jokowi Tidak Rendah Hati

Foto Wawancara Eksklusif BBC World TV dengan Prabowo

Dalam video wawancara BBC, Prabowo dengan emosional mengatakan bahwa Jokowi tidak rendah hati, merakyat dan hanya pura-pura saja serta ada ada sedikitnya 16 lembaga survei yang menyatakan bahwa dia unggul. Wawancara tersebut dilakukan pada hari Jumat, 11 Juni 2014 dimana wartawan yang mewawancarainya adalah Babita Sharma.

Seperti yang diberitakan BBC Indonesia, saat menjawab pertanyaan bahwa berbagai hasil hitung cepat menunjukkan Joko Widodo lebih unggul, Prabowo Subianto mengatakan, “Semua survei menunjukkan saya unggul dan saya yakin akan mendapat mandat dari rakyat Indonesia.” Namun saat ditanya Babita Sharma dari BBC World TV, apa yang akan dilakukan bila tidak menang, Prabowo menjawab, “Saya punya hidup yang tenang dan menyenangkan, hidup yang damai.” “Saya akan kembali ke kehidupan saya. Saya bersyukur atas hidup saya. Saya melakukan semua ini hanya untuk bangsa saya.”

Berikut adalah video lengkap wawancara Prabowo dengan BBC yang diupload di Youtube oleh BBC News

Seperti yang berita dirilis oleh BBC Indonesia, terkait dengan hasil pemilihan presiden, Prabowo mengatakan, “Jika KPU sudah memutuskan kehendak rakyat, saya akan menghormati, tapi tidak pernah sekali pun mereka (kubu Jokowi) mengatakan hal itu.” “Yang ada justru pengumuman kalau Prabowo menang berarti dia curang,” tambah Prabowo yang diwawancara secara langsung dari London melalui kantor BBC di Jakarta. “Saya yakin saya akan menang tapi kalau rakyat Indonesia tidak membutuhkan saya, saya baik-baik saja.”

Ia juga mengatakan selalu minta para pendukungnya “untuk tetap tenang, saingan kita adalah saudara kita, mereka bukan musuh. Tetapi tidak sekali pun saingan saya mengatakan hal yang sama.” Saat ditanya tentang gaya berpolitik yang berbeda dengan Jokowi, Prabowo mengatakan “persepsi tentang Joko Widodo diciptakan oleh tim PR (Humas) dan bahwa Jokowi adalah alat oligarki.” “Ia bukan orang yang merakyat, ia mengklaim sebagai orang yang rendah hati tapi saya rasa itu cuma akting.”

Dalam wawancara program Impact dengan BBC World TV, Prabowo juga ditanya soal tuduhan pelanggaran hak asasi manusia terhadapnya terkait kerusuhan pada 1998 saat Suharto lengser. Mantan komandan jenderal Komando Pasukan Khusus ini mengatakan ia sudah sering menjawab pertanyaan terkait tuduhan itu. Prabowo juga mengatakan tuduhan tersebut adalah kampanye untuk menjatuhkannya. “Saya sudah menjawab berkali-kali, saya bebas, saya tidak pernah didakwa atas apa pun, ini adalah kampanye politik untuk menghancurkan saya, mereka tidak suka dengan apa yang saya perjuangkan. “Saya berjuang demi Indonesia bersih, keadilan bagi rakyat saya,” tambahnya.

Seperti berita yang dirilis oleh merdeka.com, ketika Prabowo ditanya soal komentarnya mengenai hasil pilpres kemarin. Seperti dikutip dari akun twitter @BBCIndonesia, Prabowo menjawab semua hasil survei menunjukkan dirinya memimpin dan yakin akan mendapat mandat dari rakyat Indonesia. Ketika ditanya oleh Sharma, bukankah berbagai hasil penghitungan cepat seperti SMRC dan Kompas menunjukkan Jokowi unggul 52% dan Prabowo mendapat sekitar 47%, Prabowo menjawab: “Biarkan Komisi Pemilihan Umum yang menentukan hasil pilpres. Justru sebaliknya, semua lembaga survei yang Anda sebut itu partisan, mereka sudah bertahun-tahun mendukung Joko Widodo. Semua survei yang mengatakan Jokowi menang semuanya komersial. Saya bisa menunjukkan yang lain.”

Prabowo menambahkan, “Lawan saya tidak humble. Itu hanya pura-pura. Mereka (lembaga survey) tidak obyektif, mereka bagian dari pendukung Jokowi jadi mereka tidak obyektif dan saya pikir mereka adalah bagian dari desain besar untuk memanipulasi persepsi. Jadi mari kita bergantung pada institusi legal Indonesia, ada KPU, Ada proses perhitungan suara, kami punya saksi di setiap TPS dan kami punya sertifikat setiap saksi. Jadi mari kita ikuti proses perhitungan, verifikasi, dan biar KPU yang memutuskan.”

Sharma kemudian bertanya kepada Prabowo apa yang membuatnya begitu yakin akan menang. Prabowo menjawab bahwa semua lembaga survei adalah perusahaan komersial dan menurut Prabowo ada sedikitnya 16 lembaga survei yang menyatakan bahwa dia unggul.

0 Komentar untuk "Video Wawancara BBC, Prabowo: Jokowi Tidak Rendah Hati"

Back To Top