Powered by Blogger.

Apa Keistimewaan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan?

Tanda–Tanda Akan Datangnya Malam Lailatul Qadar

Sebenarnya apa keistimewaan malam Lailatul Qadar sebagai di bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan malam lainnya? Tanda-tanda datangnya 10 malam terakhir di bulan penuh suci ini mulai diburu oleh sebagian umat Islam karena memang memiliki keistimewaan sebagaimana sudah tertulis dalam Al Qur’an ataupun dalam hadist Nabi Muhammad SAW, karena pada saat tibanya malam tersebut, nilai ibadah kadarnya setara dengan melakukannya selama 1.000 bulan. Amat besar keutamaan yang bisa diperoleh kala seorang muslim melakukan lebih banyak aktivitas ibadah saat itu.

Allah tidak begitu saja menetapkan kapan datangnya malam mulia ini. Umat muslim mesti memburunya dengan berbekal keterangan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad. Meski begitu, Muhammad Rasullah memberikan isyarat khusus untuk mempermudah umat Islam mendapatkannya.

Tak jarang pula di sepuluh malam terakhir inilah banyak orang muslim yang beri’tikaf di dalam Masjid untuk dapatnya meraih Ridha Allah bertemu dengan malam Lailatul Qadar. Berikut beberapa keistimewaan Malam Lailatul Qadar dibandingkan malam lainnya, seperti yang dirilis oleh iberita.com.

1. Malam penuh keberkahan
Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an surat Ad Dukhon Ayat 3 yang artinya “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan”. Banyak ulama menyebutkan bahwa memang salah satu keutamaan dari malam Lailatul Qadar adalah akan turun banyak keberkahan dan kebaikan kepada umat Islam yang melakukan kebaikan di malam tersebut.

2. Malam lebih baik dari 1000 bulan
Allah berfiman dalam Al Qur’an Surat Al Qadar ayat 3 yang artinya “Malam Kemuliaan (Lailatul Qadar) itu lebih baik dari 1000 bulan”. Beberapa Ulama menyebutkan bahwa beribada di saat malam Lailatul Qadar lebih baik dari pada beribadah di saat bukan malam Lailatul Qadar. Jadi bisa dibilang, beribadah pada malam tersebut sangat berarti dibandingkan dengan malam lainnya.

3. Para Malaikat Diturunkan Pada Malam Lailatul Qadar
Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat AL Qadar ayat 4 yang maknanya “Pada malam itu kami turunkan malaikat-malaikat dan malaikat Jibril”. Diturunkannya banyak malaikat pada malam Lailatul Qadar menunjukkan bahwa mala mini memang penuh keberkahan, penuh rahmat sehingga Allah senantiasa menurunkan banyak Malaikat teramsuk juga diantaranya Malaikat Jibril.

4. Malam Lailatul Qadar menjadi malam dicatatnya takdir tahunan
Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surat Ad Dukhan ayat 4 yang maknanya “Pada malam itu akan dijelaskan segala macam urusan yang penuh hikmah”. Berdasarkan ayat tersebut banyak ulama yang menafsirkan bahwa pada malam Lailatul Qadar akan dituliskan takdir selama setahun yang nantinya akan diketahui oleh malaikat yang bertugas untuk menjalankan takdir tersebut.

5. Malam penuh ampunan
Salah satu keistimewaan malam Lailatul Qadar adalah mengampunan dosa bagi orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar. Sebuah hadist dari Abu Hurairah rs yang artinya “Barang siapa yang melaksanakan sholat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu”.

Itulah lima keistimewaan malam Lailatul Qadar. Tentunya masih banyak keistimewaan-keistimewaan lainnya yang sudah tersirat dalam ayat serta hadist lain. Oleh sebab itu, anjuran untuk i’tikaf yaitu berdiam diri di masjid sembari beribadah dianjurkan pada hari-hari terakhir Ramadhan agar tidak sampai melewatkan malam ini, disamping sering berdoa, menjaga shalat lima waktu berjamaah, shalat malam, membaca Al Quran, memperbanyak dzikir dan lainnya.

1 Komentar untuk "Apa Keistimewaan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan?"

artikel agan sangat mudah dipahami makasih atas apreasi dalam menulis postingan yang baik dan benar semoga jadi amal ibadah buat agan :D

yo dari Tutorial Blogger | SEO

Back To Top